ARIF RESI

Selamat Datang di Blog Arif Resi

"sebuah harapan...
dengan cara sederhana"

Minggu, 26 Desember 2010

Nyeri Pemasangan Infus di Lengan dan Punggung Tangan

PERBEDAAN SKALA NYERI PEMASANGAN INFUS DI LENGAN DAN PUNGGUNG TANGAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS BATEALIT JEPARA


Oleh : Arif K.

Pemasangan infus merupakan tindakan dalam keperawatan yang paling sering dilakukan, nyeri yang timbul berbeda pada setiap pasien. Pemilihan pemasangan infus umumnya dilakukan di punggung tangan dan lengan dengan pertimbangan di daerah tersebut pembuluh darah vena tampak jelas, dangkal, mudah diraba, pembuluh darah lurus tidak berkelok, serta tidak mengganggu aktivitas sehari-hari (Activity Daily Life).
Tujuan : Mengetahui perbedaan skala nyeri pemasangan infus di lengan dan punggung tangan pada pasien rawat inap di Puskesmas Batealit Jepara.
Jenis Penelitian : deskritif analitik dengan pendekatan observasional cross sectional terhadap skala nyeri pemasangan infus di lengan dan punggung tangan. Populasi pasien rawat inap di Puskesmas Batealit bulan Mei-Juni 2010 dengan accidental sampling 80 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan SOP pemasangan infus, chek list dan skala nyeri Bourbanis. Analisis menggunakan uji Chi Square dengan nilai signifikansi <0,05.
Skala nyeri pemasangan infus di lengan pada pasien rawat inap di Puskesmas Batealit Kabupaten Jepara Tahun 2010 sebagian besar adalah nyeri sedang sebanyak 39 responden (48,7%). Skala nyeri pemasangan infus di punggung tangan pada pasien rawat inap di Puskesmas Batealit Kabupaten Jepara Tahun 2010 sebagian besar adalah nyeri ringan sebanyak 33 responden (41,2%). Ada perbedaan yang signifikan skala nyeri pemasangan infus di lengan dan punggung tangan pada pasien rawat inap di Puskesmas Batealit Kabupaten Jepara Tahun 2010 dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05).
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan dan prosedur tindakan yang baku dalam pelaksanaan dan pemilihan lokasi pemasangan infus terhadap pasien rawat inap di Puskesmas Batealit.

Tidak ada komentar: