ARIF RESI

Selamat Datang di Blog Arif Resi

"sebuah harapan...
dengan cara sederhana"

Sabtu, 25 Desember 2010

Kepuasan Pasien Tentang Penyajian Makan di Ruang Rawat Inap Puskesmas Kalinyamatan Jepara


STUDI DESKRIPTIF KEPUASAN PASIEN TENTANG PENYAJIAN MAKAN DI RUANG RAWAT INAP PUSKESMAS KALINYAMATAN
KABUPATEN JEPARA

Dewi Variastuti[i], Sukarmin[ii]



ABSTRAK
Latar Belakang: Pelayanan gizi di ruang rawat inap merupakan salah satu kegiatan dalam pelayanan kesehatan. Pemberian terapi diet yang sesuai dengan kondisi pasien akan mempercepat pemulihan status gizi pasien. Kepuasan pasien mempunyai peranan penting dalam perkiraan kualitas suatu pelayanan kesehatan pengguna jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan serta sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan. Berdasarkan survei awal yang dilakukan penulis selama bulan Mei 2008 dalam bentuk wawancara tentang pelayanan gizi di Puskesmas Kalinyamatan yang dilakukan pada 30 orang pasien didapatkan 20 orang menyatakan tidak puas (66,7 %), 10 orang mengatakan puas (33,3 %) tentang penyajian menu untuk pasien rawat inap.
Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran kepuasan pasien tentang penyajian makan di ruang rawat inap Puskesmas Kalinyamatan.
Metode: Metode penelitian ini adalah studi deskriptif, studi populasi 160 orang dengan purposive random sampling didapatkan sampel 32 responden, Variabel pada penelitian ini adalah studi deskriptif kepuasan pasien tentang penyajian makan di ruang rawat inap Puskesmas Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Kepuasan tentang teknik penyajian makan di Unit Rawat Inap Puskesmas Kalinyamatan adalah gambaran perasaan pasien yang di rawat inap setelah mendapatkan pelayanan penyajian makan oleh petugas jaga rawat inap Puskesmas Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara serta menggunakan alat bantu kuesioner. Teknik pengolahan data dengan editing, coding, tabulating sedangkan analisa data menggunakan teknik deskriptif persentase.
Hasil Penelitian: Digambarkan bahwa berdasarkan kategori responden yang menyatakan puas dengan penyajian makan di ruang rawat inap puskesmas Kalinyamatan adalah 78.1% atau 25 orang,  sisanya 7 orang atau 21.9% menyatakan tidak puas terhadap penyajian makan di ruang rawat inap puskesmas Kalinyamatan. Sedangkan berdasarkan nilai termasuk dalam kategori puas, yaitu diperoleh nilai 392 atau 61,25%.
Kesimpulan: Hasil penelitian deskriptif gambaran kepuasan pasien tentang penyajian makan di ruang rawat inap puskesmas Kalinyamatan kabupaten Jepara adalah puas yaitu 78.1%.

Kata Kunci: Kepuasan, Pasien, Penyajian Makan
Pustaka : 12 (Tahun 1992-2005)


[i] Mahasiswa Program Studi D III Keperawatan AKKES Muhammadiyah Kudus 2008
[ii] Dosen Keperawatan Program Studi D III Keperawatan AKKES Muhamadiyah Kudus

Tidak ada komentar: