ARIF RESI

Selamat Datang di Blog Arif Resi

"sebuah harapan...
dengan cara sederhana"

Sabtu, 25 Desember 2010

Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Primigravida dan Multigravida Trimester III di BPS Kastami Jepara


AKBID Bakti Utama Pati
Karya Tulis Ilmiah, September 2009
LAYLI PUSPA AMARTANI
J.307202

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA PRIMIGRAVIDA
DAN MULTIGRAVIDA TRIMESTER III  
DI BPS KASTAMI JEPARA
xiii + 38 halaman + 2 tabel + 3 diagram + 13 lampiran

                                                            Abstraksi
Layli Puspa[1], Suparjo[2], Norma Jeepi[3]

         Penderitaan fisik dan beban jasmaniah selama minggu-minggu terakhir masa kehamilan menimbulkan banyak gangguan psikis terutama kecemasan menghadapi kelahiran. Kecemasan yang berbeda pada primigravida dan multigravida merupakan realita yang terjadi pada ibu hamil trimester III. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada primigravida dan multigravida trimester III di BPS Kastami Jepara.

         Desain penelitian yang digunakan adalah studi komparatif dengan dua sampel, jenis penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional, alat bantu yang digunakan adalah kuesioner. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III yang periksa di BPS Kastami mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 30 September 2009 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Analisis dan uji statistik menggunakan uji t independent dengan variabel independen primigravida dan multigravida trimester III, dan variabel dependen tingkat kecemasan.

         Hipotesis (Ha) yang ditetapkan adalah terdapat perbedaan tingkat kecemasan primigravida dan multigravida trimester III. Hasil penelitian didapatkan nilai t hitung adalah sebesar 7,193 sedangkan nilai signifikansinya adalah 0,000. Jadi t hitung (7,193) lebih besar dari t tabel (1,960), hal ini menunjukkan Ha diterima yang artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan tingkat kecemasan primigravida dan multigravida trimester III di BPS Kastami Jepara.

          Agar tidak terjadi kecemasan yang berat solusi yang disarankan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu hamil dan keluarga sejak awal usia kehamilan sampai menjelang kelahiran dengan materi sesuai usia kehamilan yang dijalani.

Kata kunci         : Tingkat kecemasan, primigravida dan multigravida
Daftar pustaka   : 17 referensi (1999 – 2008)



[1] Mahasiswa Akademi Kebidanan Bakti Utama Pati
[2] Pembimbing 1
[3] Pembimbing 2

Tidak ada komentar: