ARIF RESI

Selamat Datang di Blog Arif Resi

"sebuah harapan...
dengan cara sederhana"

Sabtu, 25 Desember 2010

Persepsi Pasien JPS-BK Tentang Pelayanan Kesehatan Rawat Inap di Puskesmas Jakenan Kabupaten Pati


STUDI DESKRIPIF PERSEPSI PASIEN JPS-BK TENTANG PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS JAKENAN
KABUPATEN PATI
Sutrisno[1], Sukarmin[2]

ABSTRAK
Latar Belakang : Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi semua lapisan masyarakat termasuk keluarga miskin adalah dengan adanya program subsidi bahan bakar minyak bidang kesehatan (PKPS BBM-BK) yang merupakan kelanjutan dari program jaring pengaman sosial bidang kesehatan (JPS-BK). Dari jumlah rata-rata pasien rawat inap di Puskesmas Jakenan yang berjumlah 160 orang per bulan, rata-rata 20 orang dengan status Jaring Pengaman Sosial Bidang Kesehatan (JPS-BK). Secara umum masyarakat menilai bahwa status JPS-BK adalah pasien dengan tingkat ekonomi keluarga tidak mampu, juga terdapat anggapan perbedaan pelayanan antara pasien umum dan pasien JPS-BK. Hal ini tampak ketika penulis melakukan survei awal terhadap 20 orang pasien JPS-BK selama bulan Desember 2005, 2 orang menyatakan pelayanan di Unit Rawat Inap Puskesmas Jakenan sudah baik, dan 18 orang menyatakan jelek.

Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pasien JPS-BK tentang pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas Jakenan Kabupaten Pati.

Metode : Penelitian ini merupakan studi deskriptif, penelitian ini mengambil semua populasi sebagai sampel, yaitu sebanyak 25 orang sebagai subjek penelitian dengan pengolahan hasil secara prosentase

Hasil dan kesimpulan : Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa persepsi pasien JPS-BK tentang pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas Jakenan Kabupaten Pati adalah baik dengan prosentase 44%, cukup baik 28 %, sedangkan yang berpersepsi jelek adalah 28%.

Kata Kunci : Persepsi pasien JPS-BK, pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas Jakenan.


[1] Mahasiswa Program Khusus D III Keperawatan Akkes Muhammadiyah Kudus
[2] Pembimbing Artikel Penelitian

Tidak ada komentar: