ARIF RESI

Selamat Datang di Blog Arif Resi

"sebuah harapan...
dengan cara sederhana"

Sabtu, 25 Desember 2010

Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Hubungan Seksual di Polindes Kebonagung Grobogan


TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER TIGA TENTANG HUBUNGAN SEKSUAL DI POLINDES KEBONAGUNG GROBOGAN
Nunung Istriana[1], Anny Rosiana M[2].

ABSTRAK
Latar Belakang: Data yang ada di Polindes Kebonagung Grobogan pada tanggal 1 Maret 2006 sampai 30 April 2006, ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Polindes Kebonagung ada 30 orang. Primipara berjumlah 10 orang, sedangkan multipara berjumlah 20 orang. Menurut usia kehamilan, ibu hamil trimester satu ada 5 orang, trimester dua ada 10 orang dan ibu hamil trimester 3 berjumlah 15 orang. Dari jumlah tersebut peneliti melakukan studi awal dalam bentuk wawancara. Dari 10 orang responden didapatkan 7 orang ibu hamil trimester tiga menyatakan takut dan enggan melakukan aktivitas hubungan seksual dengan pasangannya, sedangkan 3 orang tidak memberikan respon. Alasan utama ibu hamil trimester tiga takut melakukan hubungan seksual adalah adanya perasaan khawatir bayinya akan tertekan sehingga bisa menyebabkan kelahiran dini atau kematian. Dari alasan tersebut belum bisa disimpulkan sejauhmana tingkat pengetahuan ibu hamil trimester tiga tentang hubungan seksual. Maka penulis nerasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang fenomena tersebut.
Tujuan Penelitian: diketahuinya gambaran tingkat pengetahuan ibu hamil trimester tiga tentang hubungan seksual
Metode Penelitian: Studi deskriptif, sampel sebanyak 15 orang dari total populasi 15 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh, hasil dikategorikan dalam bentuk persentase, tingkat pengetahuan tinggi >66.67%, sedang 33.24-66.67%, dan rendah <33.34%.
Hasil: distribusi frekuensi tingkat pengetahuan ibu hamil trimester tiga tentang hubungan seksual yang terbanyak adalah kategori sedang sebanyak 12 responden, sebagian besar tingkat pengetahuan ibu hamil trimester tiga tentang hubungan seksual adalah mempunyai tingkat pengetahuan sedang (80 %).
Kesimpulan: tingkat pengetahuan ibu hamil trimester tiga tentang hubungan seksual di Polindes Kebonagung Grobogan adalah tingkat pengetahuan sedang (80%)
Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, ibu hamil trimester tiga, hubungan seksual


[1] Mahasiswa Akkes Muhammadiyah Kudus Prodi Keperawatan
[2] Pembimbing Artikel Penelitian

Tidak ada komentar: