ARIF RESI

Selamat Datang di Blog Arif Resi

"sebuah harapan...
dengan cara sederhana"

Sabtu, 25 Desember 2010

Tingkat Kepatuhan Perawat Tentang Pemakaian Sarung Tangan dalam Implementasi Ganti Balut di RS PKU Muhammadiyah Gubug


TINGKAT KEPATUHAN PERAWAT TENTANG PEMAKAIAN SARUNG TANGAN DALAM IMPLEMENTASI GANTI BALUT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GUBUG TAHUN 2006
Tutiek Handayani[1], Noor Hidayah [2].

ABSTRAK
Latar Belakang: Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gubug belum ada data tertulis mengenai infeksi nosokomial, namun data awal yang ada menunjukkan bahwa penggunaan sarung tangan tidak sebanding dengan jumlah yang tersedia. Selama bulan Mei tahun 2006 di ruang perawatan tersedia 60 pasang sarung tangan, namun hanya terpakai 21 pasang, dan sisanya sejumlah 39 pasang tidak terpakai. Observasi yang dilakukan peneliti di Ruang Al Ikhlas terhadap 10 orang perawat selama bulan Juli tahun 2006 menunjukkan dari 10 orang tersebut hanya 6 orang perawat yang melakukan tindakan ganti balut menggunakan sarung tangan, sedangkan sisanya 4 orang tidak menggunakan. Dengan alasan tersebut maka penulis melakukan penelitian tingkat kepatuhan perawat tentang pemakaian sarung tangan dalam implementasi ganti balut di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gubug tahun 2006.
Tujuan Penelitian: diketahuinya tingkat kepatuhan perawat tentang pemakaian sarung tangan dalam implementasi ganti balut di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gubug tahun 2006.
Metode Penelitian: Studi deskriptif, sampel sebanyak 25 orang dengan teknik pengambilan secara total sampling dari populasi sebanyak 25 orang, hasil dikategorikan dalam bentuk persentase, tingkat kepatuhan tinggi >80%, sedang 60-80%, dan rendah <60%.
Hasil: distribusi frekuensi tingkat kepatuhan perawat tentang pemakaian sarung tangan dalam implementasi ganti balut di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gubug tahun 2006 yang terbanyak adalah kategori sedang sebanyak 19 responden, sebagian besar tingkat kepatuhan perawat tentang pemakaian sarung tangan dalam implementasi ganti balut di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gubug selama tahun 2006 adalah mempunyai tingkat kepatuhan sedang (76 %).
Kesimpulan: tingkat kepatuhan perawat tentang pemakaian sarung tangan dalam implementasi ganti balut di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gubug tahun 2006 adalah sedang, yaitu 76%.
Kata Kunci : Tingkat kepatuhan, perawat, ganti balut.


[1] Mahasiswa Akkes Muhammadiyah Kudus Prodi Keperawatan Tahun 2006
[2] Pembimbing Artikel Penelitian

Tidak ada komentar: