ARIF RESI

Selamat Datang di Blog Arif Resi

"sebuah harapan...
dengan cara sederhana"

Minggu, 26 Desember 2010

Hubungan Perilaku Mobilisasi Dini dengan Volume Perdarahan pada Ibu Post Partum di BPS Soniah Rengging Pecangaan Jepara


Program Studi Ilmu Keperawatan
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan
Cendekia Utama Kudus
Juli, 2010


ABSTRAK


Bambang Sutrisno
Hubungan antara perilaku mobilisasi dini dengan volume perdarahan pada ibu post partum di BPS Soniah Desa Rengging Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara

Perdarahan post partum merupakan penyebab kematian maternal terbanyak. WHO menunjukkan bahwa 25 % kematian maternal disebabkan karena perdarahan. Angka kematian ibu bersalin skala nasional berkisar 307 per 100.000 kelahiran hidup. Di Kabupaten Jepara dari 24 kematian ibu bersalin tahun 2009, 4 orang (16.6 %) karena perdarahan. Fenomena tersebut karena ibu post partum masih menganut perilaku, kaidah, norma serta tradisi budaya di masyarakat yang bertentangan dengan standar asuhan keperawatan ibu paska bersalin.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku mobilisasi dini dengan volume perdarahan pada ibu post partum di BPS Soniah Desa Rengging Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif analitik dengan korelasi. Dengan pengambilan sampel jenuh / total populasi ibu post partum di BPS Soniah Desa Rengging Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara pada blan Mei 2010. Variabel yang diteliti adalah perilaku mobilisasi dini sebagai variabel bebas, sedangkan volume perdarahan pada ibu post partum sebagai variabel terikat. Data dianalisis secara univariat dan bivariat yaitu menggunakan uji Chi Kuadrat.

Berdasarkan hasil uji Chi Kuadrat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara perilaku mobilisasi dini dengan volume pedarahan pada ibu post partum di BPS Soniah Desa Rengging Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara dengan korelasi sebesar 28.386 (p=0,000).

Diharapkan pada pelaksana pelayanan kesehatan khususnya perawat dapat membantu dalam perubahan perilaku pada ibu post partum, khususnya pada mobilisasi paska persalinan.

Kata kunci       : Perilaku, Mobilisasi Dini dan Volume Perdarahan

Tidak ada komentar: